Belanja Online Kala Pandemi, Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan

Fresh News - Physical distancing karena Pandemi Covid-19 membuat banyak orang tak bebas beraktivitas di luar rumah. Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan di luar adalah berbelanja. Tak usah khawatir, kamu bisa bisa berlanja online di beberapa marketplace yang banyak tersedia.
Belanja Online kini digadang-gadang menjadi alternatif yang baik di tengah merebaknya virus corona ini. Namun, meski online, kamu juga harus memperhatikan beberapa hal berikut.
1. Gunakan pembayaran dengan metode non-tunai
Usahakan untuk mengurangi kontak dengan orang lain, misalnya dengan tidak menggunakan metode COD atau cash on delivery saat memesan barang. Menggunaan pembayaran non-tunai seperti transfer melalui aplikasi mobile banking, e-banking atau layanan uang elektronik.
2. Jaga jarak atau meletakkan pesanan di luar rumah
Gunakan layanan tanpa kontak untuk mendukung imbauan physical distancing. Kamu bisa memberi pesan pada si kurir untuk meletakkan barang pesananmu di luar rumah dan mengambilnya saat si kurir sudah pergi. Jika barang yang dipesan harus diterima secara langsung, kamu bisa memastikan jarak aman dengan si kurir sejauh 1 hingga 2 meter.
3. Cuci tangan dan semprotkan disinfektan bila perlu
Sesaat setelah barang pesananmu diterima, semprotkan disinfektan pada barang tersebut. Jika barang pesananmu merupakan barang yang bisa dicuci, misalnya pakaian atau baju, akan lebih baik jika kamu langsung mencucinya. Jangan lupa untuk mencuci tangan menggunakan sabun selama 20 detik.
4. Berikan tip secara online
Cara yang paling umum untuk mengucapkan terima kasih kepada kurir, biasanya kita akan memberikannya tip. Kamu bisa memberikan tip secara online untuk menghindari kontak langsung.


Sumber : Akurat.co

Komentar