5 Trik Jitu Tetap Jualan Makanan di Bulan Ramadan ketika Pandemi COVID-19

Fresh News - Sebentar lagi Ramadan akan datang. Salah satu hal yang paling ditunggu adalah pasar kaget yang menyediakan banyak menu buka puasa. Namun, Ramadan kali ini akan sedikit berbeda. Pasalnya, adanya situasi pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan berakhirnya membuat pemerintah melarang berbagai bentuk kerumunan, salah satunya adalah pasar.
Meski begitu, kamu tetap bisa melakukan bisnis menyediakan menu buka puasa ketika bulan Ramadan tiba.
Berikut beberapa trik untuk tetap bisa berjualan ketika bulan Ramadan di tengah pandemi COVID-19.
1. Pilih waktu yang tepat
Timing adalah salah satu kunci dalam memulai bisnis berjualan, terutama di bidang kuliner. Kamu bisa mulai memasarkan produkmu mulai dari jam 17.00. Bahkan, kamu bisa memulainya lebih awal, yaitu pukul 16.00. Selain itu, kamu juga bisa menambah waktu jualan yaitu pada saat sahur atau sekitar jam 03.00 hingga 04.00 karena menurut berbagai data hanya sekitar 8 persen penjual makanan yang juga menjual produknya ketika sahur tiba.
2. Jual makanan yang praktis dan tidak ribet
Karena berada dalam masa karantina, tak heran jika banyak konsumen yang lebih memilih untuk menyiapkan makanan yang tidak ribet dan praktis. Salah satu makanan yang bisa dipilih adalah ayam geprek dengan kombinasi es teh atau teh hangat. Tidak hanya murah, makanan tersebut juga sangat praktis.
3. Kombinasikan dengan berbagai produk lain
Tak hanya produk yang siap makan, kamu juga bisa menjual berbagai produk kuliner yang bisa tahan lama seperti makanan kalengan. Bahkan, kamu juga bisa menambah produk berupa ketersediaan rempah tradisional seperti jamu dan berbagai rempah lainnya.
4. Sediakan layanan pesan-antar
Dengan adanya imbauan untuk tetap berada di rumah, layanan pesan-antar adalah salah satu cara agar bisnis dapat terus berjalan. Kamu bisa membuka layanan pesan-antar mulai dari pukul 15.00 atau bahkan sejak pukul 14.00 jika produk kulinermu bisa bertahan agak lama. Namun, juga pastikan untuk tetap memakai berbagai perlengkapan kesehatan agar terhindar dari virus SARS-Cov-2.
5. Dukung segala bentuk upaya melawan pandemi COVID-19
Pastikan kamu juga terus mendukung berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah dalam melawan pandemi COVID-19. Kamu bisa melakukan kampanye sendiri dengan mengirimkan sumbangan kepada berbagai pihak yang terdampak seperti pelaku medis hingga pedagang kecil. Tak hanya itu, kamu bisa memberikan paket buy one get one yang satu porsinya diberikan ke pengantarnya. Dengan begitu, bisnismu dapat tetap berjalan bahkan membantu orang lain.
Ketika Ramadan telah tiba, kamu tetap bisa berbisnis meski di tenga pandemi COVID-19.

Sumber : Akurat.co

Komentar