5 Tips Mengatasi Iritasi pada Kulit Wajah akibat Memakai Masker Terlalu Lama

Fresh  News - Penggunaan masker kini semakin marak dengan adanya imbauan untuk menggunakan masker baik bagi orang yang sehat maupun yang sakit. Masker merupakan salah satu upaya untuk menghalangi penyebaran virus COVID-19.
Penggunaan masker yang baik tentunya harus rapat dengan kulit untuk memastikan perlindungan yang baik. Di sisi lain, penggunaan masker yang terlalu lama juga bisa mengakibatkan iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan oleh gesekan antara kulit dan masker serta kulit yang lebih lembab karena napas yang terperangkap di dalam masker.
Meski demikian, iritasi kulit akibat penggunaan masker dapat diatasi dengan merawat kulit wajah dengan baik. Nah, berikut ini beberapa tips untuk mengatasi iritasi kulit.
1. Semprotkan face spray jika wajah terasa panas
Salah satu tanda jika kulitmu mengalami iritasi adalah rasa panas pada area wajah. Segera semprotkan face spray yang memiliki kandungan pereda kulit wajah akibat iritasi. Diamkan hingga spay mengering. Ulangi semprotan jika masih terasa panas dan memerah.
2. Gunakan air mawar untuk membasuh wajah
Kamu juga bisa menggunakan air mawar untuk mengurangi rasa panas pada wajah. Selain bermanfaat untuk kecantikan, air mawar juga mampu mengurangi reaksi Alergi akibat iritasi pada wajah. Jika tak ada air mawar, kamu bisa menggunakan toner wajah yang terbuat dari air mawar untuk memulihkan kulit.
3. Pilih produk yang memiliki kandungan antiinflamasi
Aloe vera dan green tea merupakan beberapa kandungan yang biasanya terdapat pada produk perawatan wajah dan mengandung antiinflamasi yang tinggi. Kedua bahan tersebut memiliki kemampuan untuk menyegarkan dan menetralkan kelembaban kulit. Bagi wajah yang mengalami beruntusan, dua bahan tersebut juga ampuh untuk proses pemulihan.
4. Hindari penggunaan skincare yang mengandung alkohol
Sebaiknya hindari produk skincare yang mengandung alkohol untuk sementara waktu hingga iritasi pada kulitmu sembuh total. Kandungan alkohol pada skincare ini jika diaplikasikan pada kulit yang Alergi justru bisa membuatnya semakin parah. Pilihlah produk yang dibuat khusus untuk kulit sensitif.
5. Menjaga kelembaban wajah
Saat menggunakan masker, kelembaban wajah menjadi meningkat dan wajah mengalami iritasi. Wajah yang sehabis terkena iritasi biasanya akan mudah terasa kering bahkan bersisik. Untuk itu, jaga kelembaban pada kulit wajah dengan menggunakan pelembab yang tidak mengandung paraben atau merkuri.

Sumber : Akurat.co

Komentar