5 Manfaat Menstruasi yang Jarang Diketahui, Bisa Menghambat Penuaan

Fresh News - Menstruasi atau Datang Bulan merupakan siklus bulanan yang dialami oleh para perempuan. Tak jarang, saat menstruasi perempuan merasakan nyeri yang bisa menghambat aktivitas sehari-hari. Namun, menstruasi juga memiliki manfaatnya tersendiri bagi perempuan. Berikut ulasannya, dihimpun AKURAT.CO dari beberapa sumber pada Kamis (16/4).
1. Pembersih alami
Saat menstruasi, bakteri-bakteri jahat yang ada di dalam sistem reproduksi akan luruh. Selain itu, zat besi yang berlebih juga akan dilepaskan, yang akan mengurangi risiko gangguan kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan strok.
2. Melepaskan frustasi dan kemarahan
Banyak yang merasakan perubahan mood ketika menjelang menstruasi. Hal ini karena perubahan hormon yang terjadi dalam siklus menstruasi. Namun, perubahan mood ini bisa digunakan sebagai media untuk melepaskan frustasi dan kemarahan.
Pada hari ketiga dan keempat masa menstruasi, biasanya perempuan sudah merasakan mood yang lebih baik dibandingkan hari sebelumnya.
3. Menghambat proses penuaan
Menurut Thomas Perls dari Boston University School of Medicine Researcher, perempuan rata-rata lebih lambat dalam proses penuaan daripada laki-laki. Hal ini karena saat menstruasi, perempuan akan melepaskan kandungan zat besi yang berlebih pada tubuh. Diketahui, zat besi yang berlebih pada tubuh mampu menyebabkan radikal bebas yang mempercepat proses penuaan.
4. Membantu mengenali gejala awal penyakit
Darah menstruasi memiliki ciri khas masing-masing. Lauri  Grossman dari American Medical College of Homeopathy, mengatakan bahwa warna, bau dan tekstur pada Darah menstruasi dapat memberikan informasi mengenai kesehatan perempuan.
Ketika Darah menstruasi yang keluar tidak normal seperti biasanya, maka seorang perempuan bisa lebih awal dalam mendeteksi penyakitnya.
5. Memberikan kepuasan lebih saat bercinta
Bercinta saat menstruasi memang masih menjadi pro dan kontra di kalangan masyarakat. Namun, pada saat menstruasi, tubuh mengalami lonjakan hormon testosteron yang membuat libido semakin meningkat. Bercinta saat menstruasi bisa menjadi menyenangkan, asalkan tetap memahami risiko yang ada dan melakukannya dengan aman.


Sumber : Akurat.co

Komentar