Tetap Bugar Saat Social Distancing, Ini 6 Olahraga Simpel yang Bisa Dilakukan di Rumah

Fresh News - Di tengah pandemi corona atau COVID-19 yang telah sampai ke Indonesia, Social Distancing sangat diperlukan untuk menekan penyebarannya. Di samping itu, kita juga perlu untuk menjaga kesehatan dan sistem imun tubuh.
Ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan sistem imun seperti menjaga pola makan, tidur yang cukup dan berolahraga. Namun, bagaimana cara berolahraga sementara kita harus Social Distancing? Berikut beberapa jenis Olahraga yang bisa kamu lakukan meski hanya dari rumah.
1. Kardio
Olahraga Kardio ini merupakan Olahraga yang cukup murah karena dapat dilakukan Di Rumah tanpa peralatan khusus. Olahraga ini juga efektif menurunkan berat badan sehingga cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang melakukan program diet. Kamu bisa melakukan gerakan-gerakan simpel dari Olahraga ini dengan durasi 30 menit, tergantung intensitas Olahraga yang kamu lakukan dalam satu minggu. Selain mampu menurunkan berat badan, Olahraga Kardio juga mampu memperkuat fungsi jantung dan paru-paru.
2. Lompat tali
Hanya bermodal sederhana berupa tali, kamu bisa tetap bergerak dan berkeringat meski berada Di Rumah. Jangan lupa lakukan peregangan sebelum melakukan Olahraga lompat tali. Penelitian menunjukkan bahwa melakukan Olahraga lompat tali ini selama 10 menit sama dengan jogging selama 30 menit. Tak hanya itu, kamu juga sudah berhasil membakar kalori setara dengan berlari sejauh 1,6 kilometer dalam waktu 8 menit.
3. Jogging
Tak melulu di luar rumah, jogging juga bisa dilakukan Di Rumah. Kamu bisa memilih berlari di teras jika memiliki teras yang cukup luas. Jika tidak, kamu bisa melakukan jogging di tempat dengan menggunakan treadmill. Caranya, berdiri tegak dengan kaki sejajar dengan bahu, kemudian angkat tungkai kaki seperti kamu sedang berlari. Ulangi gerakan ini selama 60 detik.
4. Yoga
Yoga merupakan olah tubuh sekaligus pikiran yang berfokus pada kekuatan, fleksibilitas dan pernapasan. Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas fisik dan mental. Terdapat beberapa gerakan Yoga yang simpel untuk dicoba saat Di Rumah. Hindari gerakan yang rumit saat kamu melakukan Yoga tanpa didampingi oleh pelatih.
5. Zumba
Jenis Olahraga ini merupakan campuran dari tarian dan senam Aerobik. Meski zumba pada umumnya dilakukan dengan jumlah orang yang banyak, namun kamu bisa melakukannya sendirian saat Di RumahOlahraga zumba ini juga efektif membakar kalori pada tubuh sehingga mampu menurunkan berat badan dan menjaga tubuh tetap ideal. Tak hanya itu, jenis musik dan tarian zumba yang bernada menyenangkan ini juga dapat meningkatkan produksi hormon endorfin pada tubuh sehingga akan membuatmu merasa senang dan bahagia.
6. Tinju
Meski sedikit sulit dan menantang, tinju merupakan salah satu Olahraga yang cukup populer di masyarakat. Kamu bisa melakukannya sendiri dengan bantuan samsak atau karung tinju. Dengan gerakan yang tepat dan cepat, tinju juga efektif membakar kalori pada tubuh dan bisa menurunkan berat badan.

Sumber : Akurat.co

Komentar